Breaking News

Pemkab Probolinggo Memenuhi Kebutuhan Komoditi Bawang Merah, Menandatangani "MoU" Kerja Sama Kerja sama Dengan Pemkab Probolinggo,Di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa 2024

     Pemkab Probolinggo Memenuhi Kebutuhan Komoditi Bawang Merah, Menandatangani "MoU" Kerja Sama Dengan Pemkab Probolinggo,Di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa 2024 ," 3/5/2024

 

     Jatim.satusuara.co.id
PROBOLINGGO – Dalam rangka pemenuhan komoditi bawang merah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut Provinsi, Kalimantan Selatan melakukan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau Kesepakan Bersama dan Perjanjian Kerja Sama dengan Pemkab Probolinggo di pendopo Prasaja Ngesti Wibawa, Jum’at (3/5/2024).

     Dan "Penandatanganan MoU dilakukan oleh Penjabat (Pj). Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si dengan Penjabat (Pj) Bupati Tanah Laut Provinsi Ir. H. Syamsir Rahman, M.S.

     Dan "Sedangkan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dilakukan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Laut Faried Widiyatmoko dan Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo Susilo Isnadi, dilanjutkan oleh Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Tanah Laut Syahrian Nurdin dengan kepala Dinas DKUPP Kabupaten Probolinggo Taufik Alami.

     Dan "Pj. Bupati Ugas Irwanto menjelaskan, kerja sama antara Pemkab Tanah Laut dengan Pemkab Probolinggo dalam hal komoditi bawang merah ini merupakan langkah strategis bagi kedua pihak, terutama guna menjaga ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga.

     Dan “Ada beberapa kecamatan di Kabupaten Probolinggo yang merupakan sentra bawang merah yaitu di Kecamatan Dringu, Leces, Tegalsiwalan, Gending, Maron, Banyuanyar, Kraksaan dan juga di Kecamatan Paiton. Di sentra-sentra tersebut, dapat membantu kelancaran suplai bawang merah, salah satunya kepada Kabupaten Tanah Laut,” jelas Pj. Bupati Ugas.

     Dan "Sementara Pj. Bupati Tanah H. Syamsir Rahman menyampaikan terima kasih dan rasa syukurnya bisa bekerjasama dengan Kabupaten Probolinggo. “Dan kenapa kami memilih kerja sama dengan Kabupaten Probolinggo, karena respon Kabupaten Probolinggo sangat baik dan cepat,” jelasnya.

     Dan “Terkait dengan hasil produksi pertanian bawang merah di Kabupaten Probolinggo yang tinggi ini, tentunya kami ingin belajar ke Kabupaten Probolinggo tentang pertanian bawang merah. Di Kabupaten Tanah Laut yang terdapat beberapa kendala ini, nantinya Kabupaten Probolinggo dapat memberikan pengetahuan atau ilmunya untuk mengatasi kendala tersebut,” imbuh Pj. Bupati Syamsir.

     Dan "Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo Susilo Isnadi menambahkan, pihaknya menindaklanjuti dengan melakukaj penandatanganan Perjanjian Kerja Sama yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Laut dengan Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo.

     Dan "Kerja sama ini intinya adalah transplantasi ilmu budidaya tanaman bawang dari Kabupaten Probolinggo ke Kabupaten Tanah Laut. Dimana yang nanti akan kita dikerjasamakan adalah penyediaan bibit, teknologi budidaya tanaman, Pupuk dan sekolah lapang. Melalui Perjanjian Kerja Sama ini kami akan melakukan bimbingan yang dimulai dari penanaman sampai paska panen di Kabupaten Tanah Laut.

     Dan "Kepala DKUPP Kabupaten Probolinggo Taufik Alami juga menyampaikan, Pemkab Probolinggo memfasilitasi kerja sama ini dalam hal business to business, yang dimulai dari MoU antar Pemerintah Daerah.

      Dan “Tujuannya untuk membantu Kabupaten Tanah Laut mencukupi kebutuhan komoditi bawang merah. Hal positifnya adalah produk bawang merah kita dapat menguntungkan bagi para petani. Kita selalu memantau stok serta mendistribusikannya dan juga mencegah tidak terjadinya monopoli,” jelas Taufik Alami," tuturnya. (Hanip)





Sumber: Diskominfo Pemkab Probolinggo
Redaksi: Jatim.satusuara.co.id
© Copyright 2022 - JATIM SATU SUARA